Kumpulan aneka resep masakan tradisional indonesia dan menu terbaru dengan panduan cara membuat masakan sehari-hari enak mudah sederhana

Monday, December 16, 2013

Resep Cara Membuat Kue Krasikan

Aneka kreasi kue tradisional dibawah ini sangat populer di jawa tengah dan sudah menjadi resep kue yang turun menurun dari leluhur, mereka menyebutnya dengan nama kue krasikan. Mungkin sangat asing bagi para generasi sekarang dengan nama krasikan akan tetapi rasa kenyal dan lembut yang dihasilkan kue krasikan belum ada yang menyainginya walaupun disejajarkan dengan kue-kue modern. Pada saat ini kue krasikan memang sangat mirip dengan jenang dan dodol namun kedua kue tersebut itulah awalnya terinspirasi dari krasikan. Untuk melestarikan macam-macam kue tradisional berikut ini kami berikan resep dan cara membuat kue krasikan yang kenyal, manis, enak, dan lezat.

RESEP CARA MEMBUAT KUE KRASIKAN
Bahan-bahan:
kue krasikan
  • 300 gram beras ketan
  • 250 gram gula merah disisir
  • 1 butir kelapa diparut
  • 500 cc santan kelapa
  • garam secukupnya
CARA MEMBUAT KUE KRASIKAN
  1. Cuci bersih beras ketan dan tiriskan kemudian sangrai sampai berwarna kecoklatan, angkat dan dinginkan lalu tumbuk sampai halus.
  2. Parutan kelapa disangrai sampai matang dan berubah warna kemudian ditumbuk sampai halus juga.
  3. Rebus santan dan masukkan gula merah sisir dan garam sampai mendidih dan gulanya larut.
  4. masukkan beras ketan dan parutan kelapa yang sudah ditumbuk tadi kemudian aduk sampai merata dan masak sampai kering.
  5. Angkat dan masukkan adonan kedalam loyang yang telah dilapisi plastik, ratakan dan diamkan sampai dingin.
  6. Potong kue krasikan dengan bentuk sesuai selera anda seperti bentuk love atau bentuk-bentuk yang menarik lainnya kemudian baru dihidangkan dalam acara keluarga, pesta, atau cemilan harian.

Resep Cara Membuat Kue Krasikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown