Kumpulan aneka resep masakan tradisional indonesia dan menu terbaru dengan panduan cara membuat masakan sehari-hari enak mudah sederhana

Thursday, April 24, 2014

Resep Cara Membuat Tumis Sayur Genjer

Resep cara membuat tumis sayur genjer. Ketika anda melihat sayur genjer hendaklah jangan dibiarkan karena bisa diolah menjadi masakan tumis dengan rasa spesial. Masih sedikit orang yang mengetahui tentang kelezatan sayur genjer karena memang pada saat ini keberadaannya sudah jarang kecuali dipedesaan yang notabenenya masih banyak persawahan karena sayur genjer hidup pada genangan air seperti disawah-sawah.
Perlu diketahui bahwa sayur genjer mempunyai banyak sekali khasiat bagi tubuh kita seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, sebagai sumber serat, dan bermanfaat juga untuk antibiotik alami karena sayur genjer mengandung karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, dan fosfor. Selain baik untuk dikonsumsi bagi anak dan dewasa sayuran ini juga bagus para wanita yang sedang hamil karena sangat membantu dalam perkembangan janin.
Walaupun banyak yang mengatakan bahwa masakan yang terbuat dari sayur genjer adalah sayur orang miskin tetapi ternyata khasiat dan manfaatnya banyak sekali serta rasanya pun tidak kalah dengan kangkung atau sayur lainnya. Berikut ini ulasan resep dan cara membuat tumis sayur genjer dengan rasa pedas sederhana.

RESEP CARA MEMBUAT TUMIS SAYUR GENJER
Bahan-bahan:
  • 2 ikat sayur genjer
  • 1 sdt gula merah
  • garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
  • air secukupnya
Bumbu iris:
  • 6 buah cabai merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
CARA MEMBUAT TUMIS SAYUR GENJER
  1. Potong sayur genjer ukuran sedang buang akar dan rumput kemudian cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu iris sampai harum lalu tambahkan garam dan gula.
  3. Masukkan sayur genjer dan sedikit air kemudian tumis atau oseng sampai matang dan masakan terasa lezat.
  4. Angkat dan hidangkan selagi hangat dengan nasi, sambal, dan kerupuk.
Supaya tumis sayur genjer lebih lengkap anda bisa menambahkan dengan bumbu terasi atau dengan bahan tambahan seperti ikan teri agar makin menggoda selera makan anda, silahkan dicoba resep tumis daun bunga pepaya enak sederhana.

Resep Cara Membuat Tumis Sayur Genjer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown