Kumpulan aneka resep masakan tradisional indonesia dan menu terbaru dengan panduan cara membuat masakan sehari-hari enak mudah sederhana

Thursday, March 27, 2014

Resep Cara Membuat Klepon Kentang Gurih

Resep cara membuat klepon kentang manis gurih dan bisa juga diwarna-warni supaya makin menarik. Klepon merupakan camilan jajanan tradisional indonesia yang terbuat dari kentang atau tepung tapioka dibentuk bulatan-bulatan kecil dan dalamnya diisi gula jawa merah serta ditaburi dengan parutan kelapa muda. Pada umumnya klepon diwarnai hijau karena ditambah dengan extract daun pandan tetapi bisa juga anda coba warna lainnya hingga sesuai dengan seleranya masing-masing. Dilihat dari segi rasa klepon kentang lebih dominan ke rasa manis karena adanya gula merah akan tetapi terdapat juga rasa gurih dan memikat yang ditimbulkan dari parutan kelapa dan perasa/pewarna makanan seperti daun pandan. Semoga resep klepon ketang enak ini bisa membantu dan menambahkan referensi menu masakan anda.

RESEP CARA MEMBUAT KLEPON KENTANG GURIH
Bahan-bahan:
klepon kentang
  • 1/2 kg kentang
  • 200 gram tepung kanji
  • 200 gram gula jawa disisir
  • 1/2 kelapa muda ukuran sedang diparut
  • 2 sdm air kapur
  • 5 sdm air daun suji
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • pewarna makanan jika diinginkan
CARA MEMBUAT KLEPON KENTANG GURIH
  1. Tahap pertama kita harus mengukus kentang sampai empuk dan matang.
  2. Setelah selesai dikukus kemudian kentang ditumbuk sampai halus dengan ditambahkan juga tepung kanji, air kapur sirih, air daun suji, dan garam lalu aduk sampai tercampur rata. Pada tahap ini anda bisa menambahkan pewarna supaya makin menarik dan hasilnya bisa warna-warni.
  3. Tahap selanjutnya ambil sedikit adonan kira-kira satu sendok makan kemudian bentuklah setengah lingkaran dan isi dengan gula merah lalu tutup gula merah hingga berbentuk bulatan penuh seperti bola. Ulangi proses ini sampai semua adonan abis.
  4. Rebus air secukupnya sampai mendidih kemudian masukkan bulatan-bulatan klepon tadi kedalam rebusan air lalu tunggu sampai mengapung yang berarti klepon sudah matang, seperti halnya membuat bakso. Angkat dan tiriskan klepon yang sudah matang tadi lalu tunggu sampai benar-benar dingin.
  5. Tahap terakhir campur klepon dengan parutan kelapa dengan cara mengguling-gulingkannya supaya tercampur rata, kemudian taburi kembali dengan sisa parutan kelapa muda supaya semakin menarik. Selesai dan klepon siap untuk dihidangkan.

Resep Cara Membuat Klepon Kentang Gurih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown