Kumpulan aneka resep masakan tradisional indonesia dan menu terbaru dengan panduan cara membuat masakan sehari-hari enak mudah sederhana

Saturday, June 7, 2014

Resep Nasi Uduk Asli Gurih

Resep Nasi Uduk Asli Gurih - Nasi merupakan makanan primer bagi warga indonesia yang selalu tersaji disetiap hidangan baik itu waktu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Pada mulanya nasi itu terbuat dari beras yang direbus sampai matang saja, namun seiring berkembangnya kreatifitas kuliner masakan nusantara sehingga saat ini ada banyak variasi bahan dan bumbunya, salah satunya adalah nasi uduk.
Nasi uduk adalah olahan masakan yang dibuat dari beras kemudian dimasak rebus dengan menambahkan racikan bumbu khusus. Nasi uduk sangat terkenal diwilayah betawi apalagi didaerah kebun kacang dan bahkan banyak tersaji diwarung-warung kaki lima dipinggir jalan yang biasanya dihidangkan bersama pecel lele atau pecel ayam goreng.
Nasi uduk gurih

Cara membuat nasi uduk sebenarya cukup mudah dan gampang seperti halnya membuat nasi putih biasa namun ada penambahan bumbu sere, garam, daun salam, dan air santan kemudian direbus sampai matang. Proses pembuatan nasi uduk ada yang memakai rice cooker namun ada juga yang memakai panci biasa tapi kami sarankan untuk memasak nasi uduk yang biasa saja supaya hasilnya lebih maksimal serta rasa nasi uduknya pun biar makin gurih dan enak.

RESEP NASI UDUK ASLI GURIH
Bahan-bahan:
  • 500 gram beras cuci bersih dan tiriskan
  • 850 ml santan kelapa cair
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai dimemarkan
  • air secukupnya
Bahan Pelengkap:
CARA MEMBUAT NASI UDUK ASLI GURIH
  1. Pertama kukus terlebih dahulu beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang.
  2. Rebus santan hingga mendidih masukkan garam, daun salam, serai, dan beras setengah matang tadi kemudian aduk secara berkala sampai santan terserap habis lalu angkat dan buang daun salam serta serainya.
  3. Kukus kembali sampai nasi uduk benar-benar matang kemudian angkat dan hidangkan selagi hangat.
Saran penyajian nasi uduk sebaiknya diberi taburan bawang goreng serta dihidangkan bersama dengan bahan pelengkap seperti ayam goreng, sambal, dan lalapan segar. Selamat menikmati sensai kenikmatan nasi uduk yang gurih dan enak.

Resep Nasi Uduk Asli Gurih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown